Minggu, 05 Februari 2017

Manfaat Daun Patikan Kerbau Untuk Mengobati Radang Ginjal

Selamat datang di website kami ,Bila Anda menjumpai tanaman Patikan Kerbau mungkin saja Anda bakal berasumsi ia hanya tanaman gulma pengganggu yg tidak bermanfaat. Namun tanaman ini mempunyai manfaat obat herbal yang mengagumkan.Sebenarnya tamanan yang satu ini memiliki obat herbal yang luar biasa, salah satunya untuk obat radang ginjal yang alami dan berkhasiat. Radang ginjal jika tidak ada penanganan dan dibiarkan dalam waktu yang cukup lama bisa berkomplikasi pada gagal ginjal kronis.Segera obati dengan obat penyakit ginjal dengan tamanan yang satu ini simak selengkapnya Manfaat Daun Patikan Kerbau Untuk Mengobati Radang Ginjal.

MANFAAT DAUN PATIKAN KERBAU UNTUK MENGOBATI RADANG GINJAL

 

 

Manfaat Daun Patikan Kerbau Untuk Mengobati Radang Ginjal adalah jenis penyakit yang menyebabkan ginjal meradangan sehingga ginjal tidak mampu mengeluarkan limbah dan mengakibatkan kelebihan cairan dalam tubuh.Ginjal memiliki perang yang cukup vital untuk keseimbangan tubuh, jika ginjal salah satu ginjal mengalami gangguan, maka dapat berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh sehingga akan berdampak pada gangguan pada organ tubuh lainnya.
 Manfaat Daun Patikan Kerbau Untuk Mengobati Radang Ginjal  – Patikan kerbau terbukti mengandung beberapa senyawa yang memang sangat berguna untuk mengobati beberapa macam penyakit termasuk radang ginjal dan baik untuk kesehatan seperti : fkavonoid, asam-asam organik palmitat oleat, quersitrin, ksanthorhamnin dan asam lanolat. Di sisilain patikan kerbau juga terdapat kandungan senyawa terpenoid eufosterol, tarakserol dan tarakseron serta kautshuk.


Zat Aktif dalam Patikan Kerbau:
  • Flavonoid: quersitrin dan miricitrin
  • Sterol: siklooarternol, 24-methilen-sikloarternol, 1-sitosterol, euphorbol hexacozonate, 1-heksakuosanol, tinyaloxin, campesterol dan stigmasterol.
  • Tanin: dimeric hydrolysable tannin, euphorbin E and the dimeric dehydroellagitannins, euphorbin A dan euphorbin B.
  • Triterpenoid: alpha amirin, beta-amirin, teraxeron, dan oksidotarakserol.

Dengan kandungan zat aktif tersebut diatas, tanaman herbal patikan kerbau mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan antara lain:
  • Antibakteri: ekstrak etanol dari patikan kerbau menghambat pertumbuhan Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, dan Bacillus subtili. Sedangkan ekstrak kloroform pada daun memiliki aktivitas antibakteri terhadap Klebsiella pneumonia.
  • Antimalaria: fraksinasi bioassay ekstrak metanol menunjukkan hambatan pertumbuhan pada P. falciparum sebanyak 90% dari pada konsentrasi 5 mg /ml.
  • Anti-inflamasi: ekstrak n-heksana patikan kebo menunjukkan efek anti-inflamasi radang telinga pada tikus, tetapi efeknya tergantung dosis.
  • Antiasthmatic: patikan kebo dilaporkan memiliki aktivitas antiasthmatic karena efek relaksasi pada tabung bronkial dan tindakan depresan pada respirasi.
  • Efek pada output urine dan elektrolit: Ekstrak daun patika kebo signifikan mempengaruhi diuresis pada tikus. Efek diuretik dari ekstrak etanol signifikan pada 6 jam (untuk 100 mg / kg) dan pada 24 jam (untuk 50 mg / kg). Terjadi peningkatan yang signifikan kandungan Na +, K + dan HCO3-dalam urin.
  • Antiamoebic: Ekstrak polifenol patikan kebo menghambat pertumbuhan Entamoeba histolytica dengan konsentrasi aktif minimum kurang dari 10 mg/ml.
  • Antijamur: Ekstrak patikan kebo menunjukkan aktivitas antijamur terhadap Colletotrichum capsici, Fusarium pallidoroseum, Botryodiplodia theobromae, Phomopsis Caricae-papayae, dan Aspergillus niger menggunakan teknik difusi cakram kertas.
  • Manfaat lain: anti diare, anti fertilitas, broitis, batuk, pilek ,dll


Kegunaan dan Cara Menggunakan Daun Patikan Kerbau untuk Pengobatan Herbal 

 

Patikan kerbau terbukti mengandung beberapa senyawa yang memang sangat berguna untuk mengobati beberapa macam penyakit termasuk radang ginjal dan baik untuk kesehatan seperti : fkavonoid, asam-asam organik palmitat oleat, quersitrin, ksanthorhamnin dan asam lanolat. Di sisilain patikan kerbau juga terdapat kandungan senyawa terpenoid eufosterol, tarakserol dan tarakseron serta kautshuk. Dengan demikian, jelas sudah jika tumbuhan yang satu ini memang memiliki manfaat untuk mengobati radang ginjal dan mengobati beberapa macam penyakit. Berikut ini Cara mengolah daun patikan kerbau untuk mengobati radang ginjal :
 
Cara Menggunakan Patikan Kerbau Radang ginjal 
Tanaman patikan kerbau yang sudah dikeringkan sebanyak 6-9 gram atau tanaman yang masih segar sebanyak 30-60, kemudian di rebus hingga mendidih dan minum air rebusan tersebut. Lakukan hingga terasa hasilnya.

Demikian sekilas informasi mengenai Manfaat Daun Patikan Kerbau Untuk Mengobati Radang Ginjal. Jangan lupa pula untuk memberikan informasi ini kepada teman, kerabat ataupun tetangga agar mereka yang juga mengalami penyakit yang sama bisa disembuhkan dengan cara memanfaat kan bahan alami.Semoga saja dengan adanya artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

 Manfaat Daun Patikan Kerbau Untuk Mengobati Radang Ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar